Cara Menggunakan Fungsi COUNT Di Excel

Cara Menggunakan Fungsi COUNT Di Excel. Fungsi Count adalah untuk menghitung jumlah Cell yang berisi angka, fungsi ini tidak menghitung total keseluruhan tetapi hanya untuk menghitung jumlah data dimana dalam setiap nama barang terhitung 1 data. Walaupun data tersebut memiliki jumlah stock yang banyak.

Contoh : sampul ilmu menghitung jumlah data barang yang masih memiliki stok dan apabila barang tersebut tidak memilki stock maka tidak akan terhitung. Dalam prosesnya nanti apabila terdapat barang dengan nilai kosong bukan Nol (selain Dari Angka) Maka barang tersebut tidak terhitung karna bukan bertipe data angka, dan apabila bernilai 0 (Nol) maka Barang tersebut akan terhitung.

Dari Penjenjelasan contoh diatas maka sampul ilmu menjelasakan tentang Cara Menggunakan Fungsi COUNT Di Excel. Hal pertama yang harus diketahui adalah bentuk penulisan rumusnya seperti dibawah ini. 
=COUNT(Value1,Value2…)

Buatlah Tabel dan Masukan Rumus =COUNT(C2:C6) Pada Cell C8 seperti pada gambar dibawah ini.
Cara Menggunakan Fungsi COUNT Di Excel

Keterangan Rumus

  1. C2:C6 Adalah Range antara Cell (C2) sampai Cell (C6) (Clik Tahan pada cell C2 kemudian Geser kebahwah Hingga Cell C6)
  2. Apabila Cell Pada Kolom Nama Barang Yang disorot atau di Blok Maka Hasilnya akan 0 (nol) karena data yang terdapat didalamnya bukan berupa angka. Maka yang harus disorot kali ini adalah data pada kolom Stock karena berisi data berupa angka.
Untuk Hasilnya Seperti pada gambar dibawah ini.

Cara Menggunakan Fungsi COUNT Di Excel


  1. Pada Gambar A Jumlah Jenis Barang Adalah 5 karena Data Berupa Angka
  2. Pada Gambar B Jumlah Jenis Barang Adalah 4 Karena salah satu data kosong (tidak berisi Angka)
Semoga Penjelasan tentang Cara Menggunakan Fungsi COUNT Di Excel. Dapat bermanfaat dan dijadikan sebagai bahan pembelajaran terima kasih.

0 Response to "Cara Menggunakan Fungsi COUNT Di Excel"

Post a Comment