Cara Mudah Membuat Query Di Microsoft Access

Cara Mudah Membuat Query Di Microsoft Access. Fungsi query di microsoft access adalah menampilkan data dari Tabel dan mengabungkan antara  dua atau lebih tabel menjadi satu dimana Pada Saat menampilkan Field-Field Anda Dapat memilih Filed-field apa saja yang anda ingin tampilkan atau juga anda dapat menampilkan semua isi tabel dan menggabungkannya menjadi satu Query.

Cara menggunakan query di microsoft access. Microsoft Query adalah salah satu fasilitas yang di berikan Excel untuk penggunanya dalam mempermudah pengolahan, pencarian, ataupun penyaringan data dengan cepat. Dalam Microsoft query kita juga dapat menggunakan relasi antar tabel agar penyaringan yang lebih specifik dapat kita gunakan. Setelah kita membuat data Query maka data tersebut dapat kita gunakan kapan saja berdasarkan kategori yang kita inginkan. Dibawah ini adalah Cara Mudah Membuat Query Di Microsoft Access.

Langkah-Langkah Pembuatannya Adalah :
Cara membuat query di microsoft access 2010
Buka Aplikasi Microsoft Access
Buatlah Tabel Jurusan, Mahasiswa, Nilai Dan Matakuliah, Untuk Cara Membuat Tabel anda dapat membaca Cara Membuat Relationships Pada Microsoft Access.

Setelah tabel selesai dibuat langkah selanjutnya pada Menu Create clik Query Design seperti pada gambar dibawah ini.

Pada halaman Show Table clik Tab Tabel Kemudian Pilih Tabel Yang Akan Dihubungkan Dalam Membuat Query diharapkan memilih tabel lebih dari satu agar dalam proses menghubungkan antar tabel akan lebih mudah disini sampul ilmu memilih tabel Jurusan Dan Mahasiswa sebagai contoh caranya Clik Nama Tabel Kemudian Clik Add

Cara menggunakan query di microsoft access. Langkah Selanjutnya Adalah Menghubungkan Tabel, Pada contoh dibawah ini sampul ilmu menghubungkan tabel Mahasiswa dan tabel Jurusan langkah-langkah yang dilakukan adalah:
  1. Pada tabel clik Nama Tabel Yang Akan Ditampilkan Fieldnya Terlebih Dahulu disini sampul ilmu menampilkan nama Tabel Mahasiswa kemudian Pada Field Pilih Field Mahasiswa*(Tanda * menandakan bahwa semua field pada tabel mahasiswa akan ditampilkan)
  2. Untuk Kolom Berikutnya Pada tabel clik Nama Tabel Yang Akan Ditampilkan Fieldnya disini sampul ilmu menampilkan nama Tabel Jurusan kemudian Pada Field Pilih Field Jurusan*(Tanda * menandakan bahwa semua field pada tabel Jurusan akan ditampilkan)

Untuk Cara Menampilkan  Beberapa Field dalam satu Query disini sampul ilmu menampilkan beberapa field dalam tabel Mahasiswa yaitu field NIM,NAMA_MHS, KODE_JUR Dan tabel Jurusan yaitu field NM_JURUSAN  Seperti Pada Gambar dibawah ini.

Untuk Melihat hasilnya clik Double pada Query yang telah anda buat

4 Responses to "Cara Mudah Membuat Query Di Microsoft Access"

  1. Terima kasih informasinya mas, mari saling berbagi ilmu http://www.msaccessquery.com/

    ReplyDelete
  2. informasinya bermanfaat banget gan,,,kunjungi balik ya

    ReplyDelete