Nasihat ini yang penting dalam mendidik anak

  1. Wahai orang tua curahkanlah usaha mu dalam mendidik anak yang tertua, agar dia bisa menjadi panutan bagi adik-adiknya sesekali waktu berilah dia kesempatan untuk mengawasi keluarga dalam harapan dia merasa memiliki tanggung jawab sekaligus membinanya.
  2. Jangan lah engkau membiarkan anak-anak mu saling memasang jarak.
  3. Jika salah seorang diantara anak-anak mu meminta sesuatu, dan permintaannya itu belum bisa terpenuhi maka perintahkanlah agar dia bersabar dan sampaikan pula manfaat sabar, agar dia terbiasa sabar
  4. Biasakanlah anak-anak mu menghormati yang lebih tua dan menyanyangi yang muda, mencintai orang-orang yang miskin, menyeru pada kebaikan.
  5. Jika engkau memberikan sesuatu yang menggembirakan anak-anak mu maka memintahlah agar meraka mendoakan surga dan keselamatan dari neraka, agar mereka mengerti Dimana surga yang harus di minta dan neraka yang harus dijahui.
  6. Buatlah dirimu dan anak-anak mu agar memberikan perhatian yang besar terhadap kitap Allah 
  7. Jauhkanlah anak-anakmu dari sifat pemborosan dan biasakanlah mereka hidup ekonomis. Pemborosan dan kemewahan hanya akan melemahkan hasrat jiwa dan bisa menuntut hal-hal yang serba mewah.
  8. Janganlah engkau membuat anak-anakmu menyukai perhiasan, kecuali sebatas yang diisyaratkan dan tidak menjurus kepada gaya hidup mewah.
  9. Janganlah engkau berdoa bagi anak-anakmu kecuali berupa kebaikan dan petunjuk, sebab doa orangtua kepada anaknya dikabulkan.
  10. Jangan Meremehkan sikap anak-anakmu jika mereka membangkang perintahmu , kecuali mereka mengajukan alasan, setelah itu tegaskan agar mereka tidak mengulanginya kembali.
  11. Janganlah terlalu bersikap keras terhadap anak-anakmu, kecuali ada pelanggaran terhadap hukum-hukum Alllah secara terang-terangan, janganlah sering memukul karena dengan tindakanmu itu berarti engkau mendidik mereka seperti itu.
  12. Jika anak menghindarimu karna takut kepadamu janganlah engkau lalai untuk tetap melindunginya, terutama pada waktu malam
  13. Janganlah engkau banyak mengumpat dan melaknat mereka, sehingga mereka pun juga terbiasa, dan akhirnya mereka menjadi rusak, tetapi engkau perlu member penjelasan secara halus tetapi tegas.
  14. Janganlah engkau memberikan uang dalam jumlah yang banyak kepada anakmu yang agak bodoh sebab hal itu jauh lebih membahayakan dirinya dari pada memberikannya manfaat.
  15. Tabiat anak suka menonjolkan diri disamping teman-temannya dihadapan guru. Engkau sebagai ayahnya dan gurunya yang terpenting.
  16. Tunjukanlah rasa kasih sayang, cinta dan perhatian terhadap urusannya, buatlah dia merasa bisa melepaskan diri dari kebodohan menuju kepintaran. Dari kanak-kanakan menjadi kedewasaan.
  17. Jangan Bosan Memerintah anak-anakmu kepada kebaikan dan melarang dari keburukan 
Akhirnya, carilah makanan yang baik bagimu dan bagi anak-anak mu serta keluargamu, mohonlah pertolongan kepada Allah, Carilah Keridhaan-Nya tatkala engkau bekerja, berbaik sangkalah kepadanya dan berjihadlah dijalannya Firmannya :
“ Dan Orang-orang yang berjihad untuk (Mencari Keridhaan) Kami, Benar-benar akan kami tunjukan kepada mereka jalan kami, dan sesungguhnya Allah Benar-benar beserta orang-orang yang berbuat baik.” (Al-Ankabut :69).

Anda Juga Dapat Membaca Tutorial Membuat Game Puzzle Untuk Media Pembelajaran Anak Usia Dini

Semoga Artikel Nasihat ini yang penting dalam mendidik anak Dapat Bermanfaat

Sumber : Ensiklopedia Wanita Muslimah



1 Response to "Nasihat ini yang penting dalam mendidik anak"

  1. sangat bermanfaat sekali posting agan , saya ada postingan tentang tips kesehatan yang membahas cara menghilangkan dan mengatasi stress semoga bermanfaat :)

    ReplyDelete