Cara mudah menggunakan Microsoft Excel

Cara Mudah Menggunakan Excel. Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS. Cara Belajar Fungsi Excel Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang, dengan menggunakan strategi marketing Microsoft yang agresif,

Microsoft Excel sebagai salah satu program komputer yang populer digunakan di dalam komputer mikro hingga saat ini. Bahkan, saat ini program ini merupakan program spreadsheet paling banyak digunakan oleh banyak pihak, baik di platform PC berbasis Windows maupun platform Macintosh berbasis Mac OS, semenjak versi 5.0 diterbitkan pada tahun 1993. Aplikasi ini merupakan bagian dari Microsoft Office System, dan versi terakhir adalah versi Microsoft Office Excel 2013. Maka Timbul Pertanyaan Bagaimana Cara Mudah Mengunakan Excel.

Ekstensi Microsoft Excel
Berikut ini adalah beberapa Ekstensi Microsoft Excel yang dikutip dari wikipedia
  1. *.xls, merupakan format default Microsoft Excel sebelum Excel 12. Masih berbasis format BIFF dan dapat menyimpan macro VBA.
  2. *.xlt, merupakan format untuk template worksheet Microsoft Excel sebelum Excel 12. Masih berbasis format BIFF dan dapat menyimpan macro VBA.
  3. *.XML, atau yang disebut sebagai XML Spreadsheet. Tidak mampu menampung macro VBA.
  4. *.xla, merupakan format untuk Excel Add-in sebelum Excel 12. Masih berbasis format BIFF dan dapat menyimpan macro VBA, mengingat tujuannya adalah untuk menambahkan kemampuan Microsoft Excel.
  5. *.xlsx, merupakan format default worksheet Microsoft Excel 12, yang telah berbasis XML. Tidak dapat menyimpan macro VBA, karena alasan keamanan. Sebenarnya merupakan sebuah arsip terkompres berformat ZIP dengan struktur dokumen yang terdiri atas dokumen teks XML. Adalah pengganti dari format .xls yang kuno.
  6. *.xlsm, merupakan format worksheet Microsoft Excel 12, yang telah berbasis XML, tapi dapat menyimpan macro VBA.
  7. *.xlsb, merupakan format worksheet Microsoft Excel 12, yang telah berbasis XML, tapi dikodekan dalam bentuk biner. Format ini memiliki keunggulan lebih kepat dibuka dan lebih efisien, mengingat tujuan dibuatnya format ini adalah untuk menangani worksheet yang sangat besar yang terdiri atas puluhan ribu baris atau ratusan kolom.
  8. *.xltm, merupakan format untuk template worksheet Microsoft Excel 12, yang telah berbasis XML tapi mampu menyimpan macro VBA. Merupakan pengganti dari format *.xlt.
  9. *.xlam, merupakan format untuk Excel Add-in untuk menambah kemampuan Excel 12. Secara default mampu menangani macro VBA, mengingat tujuannya adalah menambahkan kemampuan Excel.

Fungsi Dan Kegunaan Microsoft Excel


Cara mudah menggunakan Microsoft Excel
Gambar Cara mudah menggunakan Microsoft Excel
Bagaimana Cara belajar excel bagi pemula. Untuk lebih memahami tentang Microsoft excel hal yang perlu anda ketahui adalah Fungsi Dan Kegunaan Microsoft Excel yang terdiri dari :

Tutorial Dasar Tentang Microsoft Excel. 
Tutorial Dasar Cara Belajar  Microsoft Excel 2010. Microsoft Excel merupakan program aplikasi spreadsheet (lembar kerja elektronik). Fungsi dari Microsoft Excel adalah untuk melakukan operasi perhitungan serta dapat mempresentasikan data kedalam bentuk tabel. untuk lebih jelasanya baca Tutorial Dasar Cara Belajar  Microsoft Excel 2010

Operator Dasar Atau Acuan
Dasar dari penulisan rumus pada Microsoft excel adalah tanda titik dua, koma, dan sama dengan.  Berikut adalah penjelasannya :
  1. Tanda Titik dua (:) adalah tanda penghubung antara 2 buah atau sekelompok cell yang berbeda pada saat penulisan rumus fungsi. Contoh =A1:C3 (gabungan cell yang terdapat diantara cell A1 sampai dengan Cell C3.
  2. Tanda Koma (,) atau tanda titik koma (;) adlh tanda untuk memisahkan antara cell Contoh =A1;A2 Atau =A1,A2 
  3. Tanda Sama Dengan adalah tanda yang diketikan pertama saat memasukan rumus contoh =B2
Operator Aritmatika
Aritmatika sebagai Fungsi atau rumus yang digunakan untuk melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, pembagian, perkalian dan perpangkatan atau operator yg digunakan untuk melakukan perhitungan pada bilangan. Contoh Tanda +,-,/,*, dan ^. untuk lebih jelasnya baca Tutorial Dasar Rumus Aritmatika Di Ms. Excel

Operator Perbandingan
Sesuai dengan namanya, operator perbandingan membandingkan nilai dari 2 buah data. Hasilnya TRUE atau FALSE. Hasil perbandingan akan bernilai TRUE jika kondisi perbandingan tersebut benar, atau FALSE jika kondisinya salah. Data untuk operator perbandingan ini bisa berupa tipe data angka (integer atau float), maupun bertipe string. Operator perbandingan akan memeriksa nilai kebenaran dari masing-masing data contoh =,>,<,>=,<=,<> Anda Dapat Membaca Fungsi Operator Perbandingan Excel

Operator Penggabungan Teks
Untuk menggabungkan data yang berupa teks. dapat menggunakan operator ampersend (&). Fungsi ini biasa dipakai untuk mengabungkan 2 buah cell dan ditampilkan dalam satu Cell. Contoh Penulisannya Baca Cara Menggabungkan isi Cell di Ms. Excel

Operator Logika
Operator Logika adalah operator yang digunakan untuk membandingkan 2 kondisi logika, yaitu logika benar (TRUE) dan logika salah (FALSE). Operator logika sering digunakan untuk kodisi IF, contoh operator logika adalah  AND, OR, NOT dan IF. Untuk Contoh Pengunaannya Baca Belajar Fungsi IF pada Microsoft Excel

Rumus Fungsi
Fungsi sebenarnya adalah rumus yang sudah ada disediakan oleh Excel, anda tinggal memanfaatkan sesuai dengan kebutuhan. Berikut adalah beberapa kategori fungsi dalam Microsoft Excel :
  1. Fungsi Financial. Untuk mengolah data keuangan
  2. Fungsi Date & Time. Untuk mengolah data tanggal dan waktu.
  3. Fungsi Math & Trig, untuk mengolah data matematika dan trigonometri.
  4. Fungsi Statistical, untuk mengolah data statistik.
  5. Fungsi Lookup dan Reference, untuk mengolah data berdasarkan tabel & data referensi.
  6. Fungsi Database, untuk mengolah database.
  7. Fungsi Text, untuk memanipulasi teks.
  8. Fungsi Logical, untuk pengolahan data yang memerlukan pilihan pilihan logika.
  9. Fungsi Information, untuk mendapatkan informasi pada sel atau range.
  10. Fungsi Engineering, untuk pengolahan data teknik.
Baca juga Kategori Fungsi dalam Excel

Semoga Cara Mudah Mengunakan Microsoft Excel Dapat bermanfaat dalam memahami fungsi dan kegunaan Ms Excel, serta dapat memberikan pengetahuan tentang bentuk rumus dan fungsi serta penerapannya di Microsoft excel. Terima kasih

11 Responses to "Cara mudah menggunakan Microsoft Excel"

  1. terima kasih atas paparannya boss, berguna sekali bagi pemula. Salam.

    ReplyDelete
  2. sangat bermanfaat sekali posting agan , saya ada postingan tentang tips kesehatan yang membahas gejala penyakit asam urat semoga bermanfaat :)

    ReplyDelete
  3. minfonya sangat bermanfaat dan menambah wawasan.. thx :)

    ReplyDelete
  4. Terimakasih artikelnya sangat membantu sekali. semoga bermanfaat gan.

    visit : http://www.rajalistrik.com/

    ReplyDelete
  5. Terimakasih tutorialnya bermanfaat banget, aku juga punya nih tutorial-tutorial gratis

    ReplyDelete
  6. Wah bermanfaat sekali tutorialnya. Kami juga ada nih tutorial Microsoft Excel beserta tutorial-tutorial lainya. Yuk kunjungi di http://primaindisoft.com/tutorial.php

    ReplyDelete
  7. Sangat membantu sekali artikel ini. Penting buat yang ingin terus belajar.

    http://webartikelinformasi.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  8. terima kasih atas infonya
    salam persahabatan dari resep kita bersama
    blog resep masakan

    ReplyDelete